5 Pantai di Bekasi yang Bikin Kamu Lupa Kalo Lagi di Bekasi

Ada yang pernah denger nggak kalau di Bekasi itu ada pantai? Katanya, pantai di Bekasi itu udah nggak layak dikunjungi, banyak sampahnya, aromanya amis (yaiyalah!), airnya butek, jalannya susah, pasirnya item, dan banyak tudingan lainnya.

Masa’ sih?

Well, kita nggak akan pernah tau bagaimana kondisi pantai di Bekasi yang sebenernya kalau nggak dateng langsung ya, guys. Penasaran nggak sih sama pantai-pantai yang ada di kota Bekasi?

Buat ngebuktiin tudingan-tudingan miring tersebut, langsung aja yuk kita jelajahi satu per satu pantai di Bekasi. Siapa tau aja ya kan, setelah baca tulisan ini kamu malah jadi kepengin main ke pantai. Hehe.

1. Pantai & Hutan Mangrove Muara Gembong

Pantai di Bekasi
Hutan Mangrove Muara Gembong

Yang pertama ada Pantai Muara Gembong. Kalo di DKI Jakarta ada Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), di Bekasi juga ada loh, tepatnya di Muara Gembong. Kalau kamu dateng berwisata ke pantai ini, kamu pasti nggak akan nyangka kalo itu ada di Bekasi.

Like, seriously?!

Tapi beneran deh, suasananya masih begitu alami dan menyegarkan. Banyak hijau-hijauan di kanan dan kiri. Yaa, lumayan bisa memanjakan mata dan pikiran lah, setelah seharian atau bahkan sepekan dijejali deadline tugas yang tak kunjung henti.

Sebenarnya, nama Muara Gembong diambil dari nama kecamatan di mana pantai tersebut berada. Di Kecamatan Muara Gembong terdapat enam desa, yakni Desa Pantai Bahagia, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Bakti, Desa Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Sederhana, dan Desa Jaya Sakti.

Yang spesial dari Pantai dan Taman Mangrove Muara Gembong adalah, kamu bisa berkeliling naik sampan menelusuri lebatnya hutan mangrove dengan panjang 17 KM ini. Iya, nggak salah bro, 17 KM! Panjang bener ya.

Biayanya juga nggak mahal kok, guys.

Cukup merogoh kocek 70 ribuan aja, kamu udah bisa menikmati asiknya naik perahu menelusuri hutan bakau, dengan pemandangan pohon bakau di kanan dan kiri, tanpa adanya bising suara kendaraan sama sekali. Benar-benar kayak di alam liar.

Oh iya, harga segitu udah sekalian sama bakar-bakar ikan loh! Mantap lah pokoknya.

2. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting Bekasi
Pantai Muara Beting (by Septianto Wahyudi)

Bekasi sudah masyhur dikenal sebagai kota yang padat, sibuk, sumpek, dan banyak pabrik.

Tapi siapa sangka, di kota yang super padat ini, masih ada secercah keindahan yang terpinggirkan? Percayalah. Salah satunya adalah Pantai Muara Beting yang terletak di Desa Pantai Bahagia.

Memang, pantai Muara Beting belum dikelola secara profesional, sehingga dari segi fasilitas, sarana dan prasarananya masih kurang memadai.

Akan tetapi, setidaknya, keindahan pasir pantai dan deburan ombak Laut Jawa dapat mengobati kerinduan kita akan kesegaran pantai di Bekasi, ya nggak?

Pantainya cukup landai, dengan pasir yang berwarna agak kecokelatan, di sekitar pantai terdapat beberapa warung dan tempat makan untuk beristirahat. Lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Muara Gembong kok, jadi kamu juga tetap bisa main-main ke hutan Mangrove deh.

3. Pantai Muara Bendera

Pantai Muara Bendera Bekasi
Pic by Adrian Fahlevi

Masih di lokasi yang sama, ngesot sedikit ke sebelah timur, kamu udah sampai lagi ke sebuah pantai yang bernama Pantai Muara Bendera. Secara administratif, Pantai Muara Bendera masih termasuk wilayah Desa Pantai Bahagia.

Pantai Muara Bendera memiliki pesona yang menakjubkan. Bisa dibilang, Pantai Muara Bendera adalah pantai di Bekasi yang paling tenang dibanding pantai yang lain. Benar-benar menawarkan keindahan yang masih alami.

Ditambah lagi, kalau kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan langsung kegiatan migrasi burung-burung dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik ke tempat ini yang biasanya terjadi antara bulan September hingga Februari.

Selain itu, di lokasi ini juga masih terdapat lutung hitam dan buaya rawa loh.

Tapi karena wilayah ini masih termasuk area hutan mangrove yang dilindungi, maka hewan-hewan yang berhabitat di sini tidak diperbolehkan untuk diburu, ditangkap, atau diperjualbelikan.

4. Pantai Mekar

Pantai Mekar Bekasi
Gazebo di lepas Pantai Mekar

Semoga kalian nggak bosen karena pantai yang satu ini masih terletak di Kecamatan Muara Gembong, tetapi sudah lain desa kok dengan Pantai Beting dan Pantai Bendera.

Nah, Pantai Mekar ini berada di Desa Pantai Mekar, dan seperti pantai di Muara Gembong, atraksi utamanya adalah hutan mangrove-nya yang luar biasa itu.

Tapi selain ada hutan mangrove, di wilayah Pantai Mekar juga terdapat gazebo yang berada di lepas pantai loh, guys. Seru kan? Gazebo tersebut terbuat dari kayu, bambu, dan atap jerami.

Meskipun begitu, gazebo ini sudah dijamin kuat dan aman kok.

Gazebo tersebut sengaja dibangun di tengah laut karena selain untuk lokasi mancing yang oke, gazebo tersebut juga dijadikan tempat yang asik buat makan-makan bareng keluarga dengan lokasi yang nggak biasa. Hehe.

Mau coba? Dateng aja langsung ke Desa Pantai Mekar, Muara Gembong. 🙂

5. Pantai Marunda & Jembatan Cinta

Pantai Marunda Bekasi (by bersapedahan.wordpress.com)

Pantai di Bekasi yang satu ini letaknya di perbatasan Bekasi dengan Jakarta Utara, guys. Kalian pasti udah tau kan Pantai Marunda?

Buat yang belum tau, pantai ini sebenarnya nggak terlalu jauh kok. Kalau lewat jalan cor-coran Banjir Kanal Timur (BKT), lurus aja sampai mentok. Nanti di jembatan paling ujung sudah mulai kelihatan Laut Jawa.

Dari situ, nanti langsung saja menuju PLTU Muara Tawar, kemudian memutar ke arah Krematorium Nirwana. Sebelum krematorium tersebut, belok kanan dan akan ada gerbang bertuliskan, “Gerbang Menuju Jembatan Cinta.”

Kemudian masuk lewat gerbang itu, melewati perkampungan warga.

Pantai Marunda Bekasi
Jembatan Cinta (by asalfoto.com)

Setelah menelusuri perkampungan warga, kamu akan sampai ke sebuah dermaga dengan jembatan cinta di atasnya. Dinamakan jembatan cinta karena memang bentuknya serupa dengan jembatan cinta yang ada di Pulau Tidung.

Usut punya usut, tempat tersebut rupanya adalah Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Kabupaten Bekasi, guys.

Jadi dermaga cantik ini bertujuan untuk memudahkan proses restorasi hutan mangrove di wilayah ini yang sudah rusak, sekaligus mengedukasi warga setempat untuk bisa sama-sama merawat dan melestarikan ekosistem muara. Keren yaaa.

Kesimpulannya, memang pantai di Bekasi ini tidak banyak dan tidak sebagus pantai di tempat lain yang jauh dari perkotaan. Bahkan keberadaannya cenderung terpinggirkan dan terlupakan.

Tapi tidak juga kok. Nyatanya, beberapa pantai di Bekasi kini sudah mulai berbenah untuk dapat eksis dan mendapat perhatian, setidaknya di kalangan warga Bekasi sendiri.

Dan sebenarnya, pantai di Bekasi itu indah-indah kok, asalkan mau ngerawatnya. Hehe. Yuk sama-sama memajukan dan melestarikan wisata pantai di Bekasi. 🙂

Beri Komentar